Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan

khasiat-beras-merahManfaat beras merah sangatlah banyak terutama bagi anda yang sedang ingin menurunkan berat badan. Beras merah memang seringkali dijadikan menu diet sehat untuk menurunkan berat badan. Terutama bagi para penderita diabetes. Beras merah termasuk dalam makanan pokok yang mengandung karbohidrat di dalamnya.

Beras merah tidak terlalu berbeda dengan beras putih. Perbedaan hanya terletak pada warna saja. Beras merah diolah dan dikonsumsi sama seperti beras putih. Meskipun banyak yang berpendapat bahwa nasi putih memiliki rasa yang lebih enak, kandungan zat gizi dalam beras merah lebih baik dibandingkan beras putih. Jika anda merasa penasaran, berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Khasiat Beras Merah

Manfaat beras merah dalam menurunkan berat badan tidak menjadi rahasia lagi. Sudah banyak orang yang mengetahui hal ini. Pasalnya beras merah memang ampuh untuk menurunkan berat badan. Semuanya berkat kandungan kalori dalam beras merah yang efektif untuk mencegah perut buncit atau kelebihan kalori.

Beras merah memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang akan menyuplai energi secara berkala pada tubuh. Sehingga perut pun tidak akan merasa cepat lapar. Konsumsi beras merah ketika diet sebaiknya dikombinasikan juga dengan mengkonsumsi apel. Sehingga program diet pun bisa menghasilkan tubuh yang indah dan tentunya lebih efektif.

Manfaat beras merah yang bisa anda dapatkan tidak sampai disitu saja. Beras merah juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan baik untuk menyehatkan pencernaan. Kandungan serat ini dapat menghindarkan anda dari permasalahan kesehatan di kemudian hari. Serat sangat baik untuk usus dan juga membantu kelancaran metabolisme tubuh.

Kemudian, beras merah juga cocok bagi penderita diabetes. Selain karena kandungan serat yang tinggi, beras merah juga memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan beras putih. Beras merah pun mampu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Kandungan serat yang tinggi dalam beras merha juga berguna untuk mencegah munculnya batu empedu. Serat yang mudah dicerna membantu melarutkan sisa makanan. Sehingga empedu pun lebih sehat.

Bahan makanan pokok yang satu ini masuk ke dalam jenis biji-bijian yang dapat membantu menurunkan lemak. Biji-bijian mengandung lebih banyak serat yang mengenyangkan. Ketika mengonsumsi beras merah, anda akan makan lebih sedikit kalori. Nasi merah pun mengandung glikemiks yang baik bagi orang yang ingin menjalankan program diet.

Kandungan glikemiks ini akan mengendalikan penyerapan kalori pada tubuh. Orang yang sedang diet tetap membutuhkan asupan karbohidrat. Tetapi juga tidak boleh melupakan asupan serat. Serat pada beras merah berasal dari kulitnya, karena beras ini tidak mengalami proses penggilingan dan pengelupasan seperti beras putih. Itulah manfaat beras merah bagi kesehatan yang bisa anda dapatkan.

Sumber : www.webmd.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *